Kamis, Februari 22, 2024

Tips Public Speaking Buat Kamu yang Nggak Pede dan Sering Insecure

Oleh Giswah Yasminul Jinan

Kutub.id– Sebagai seorang pelajar, sering banget ngerasa insecure dan kurang percaya diri saat ngomong di depan banyak orang. Ngerasa gugup, dan tiba tiba keringat dingin! Beberapa orang juga ngerasa malu dan takut salah saat bicara di depan umum. Walaupun terdengar sederhana dan terlihat sepele, tapi temen-temen suka ngerasa bingung nggak sih cara ngatasinnya kaya gimana?

Daripada bingung dan gatau cara ngatasinnya kaya gimana, aku punya beberapa tips public speaking nih! Oke, langsung aja yuk kita simak tips tipsnya.

Pertama, untuk menjadi seorang yang berani dan mampu berbicara di depan umum, kita harus banyak-banyak berlatih. Yap, jam terbang seseorang sangat menentukan tingkat kepercayaan diri seseorang. Istilah bisa karena biasa juga cocok banget nih buat temen-temen yang masih ragu untuk belajar public speaking. Jadi, harus mau coba dan belajar dulu ya.

Kedua, banyakin baca buku. Loh memang baca buku ngaruh banget ya buat modal public speaking? Jelas ngaruh dong, Dari susunan kalimat, kosa kata dan bahasa yang digunakan itu semua bisa kita dapatkan dengan sering membaca.

Ketiga, Jangan takut salah. Coba aja dulu, kesalahan yang dilakukan sebagai permulaan itu sangat wajar. Asal kita sering berlatih, dan kesalahan yang dilakukan menjadi sebuah pembelajaran agar ke depannya dapat lebih baik lagi.

Tips-tips di atas jadi sia sia apabila kita tidak pernah mau dan percaya untuk mencobanya. Yakinkan diri sendiri untuk mampu mencoba sesuatu yang di luar batas kemampuan diri. Selamat belajar dan selamat mencoba!

Penulis adalah Wakil Ketua 1 IPPNU Kota BandungĀ 

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles