Jumat, Februari 23, 2024

Tips-Tips Ningkatin Motivasi Diri Buat Resolusi Tahun Baru

Kutub.id Hai kawan-kawan Kutub!! Tahun baru resolusi baru, pastinya kawan-kawan sudah menyusun resolusi buat 2022, kan? Tapi, pernah gak sih kalian merasa bad mood tiba-tiba atau kehilangan motivasi buat mewujudkan resolusi-resolusi itu? Nah, kali ini Kutub mau kasih tips buat ‘ningkatin motivasi kawan-kawan. Langsung aja, check it out!!

Sebelumnya, motivasi diri atau self motivation itu apa sih? Menurut Arash Emamzadeh  dalam Psychology Today,  Motivasi diri berarti didorong oleh keinginan pribadi untuk menetapkan tujuan yang berharga dan untuk fokus, berkomitmen, dan bergerak menuju tujuan tersebut meskipun ada hambatan. Seringkali Ketika kita menemukan hambatan dalam mencapai tujuan, kita merasa down dan enggan meneruskan usaha kita mencapai tujuan tersebut.

Emamzadeh memberi beberapa tips agar motivasi diri itu tetap ada dan terus meningkat. Yang pertama, tentukan tujuan. Tanpa tujuan, langkah-langkah kita akan terasa hampa dan tidak terarah. Menentukan tujuan juga bukan hal yang sembarang. Cobalah menentukan tujuan dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound).

Tujuan harus spesifik dan tidak bersifat umum (pergi ke Bali, bukan jalan-jalan keluar pulau); measurable atau dapat diukur; Achievable atau dapat dicapai (bukan hal yang mustahil seperti ingin punya kuda unicorn); relevan dengan diri (tujuan yang benar-benar diinginkan, bukan paksaan atau ikut-ikut orang lain); juga berbatas waktu (tujuan bersifat mengikat pada waktu tertentu, misalkan dalam satu tahun).

Nah, kalau tujuanmu sudah ada, buatlah tujuan-tujuan kecil untuk mencapai tujuan akhir tersebut agar motivasi kita meningkat. Contohnya ketika kita ingin pergi ke Bali pada Bulan Desember 2022, maka tujuan kecilnya adalah dengan menabung minimal Rp 500.000 per bulan. Hal-hal kecil yang bisa memotivasimu tapi tidak memberatkan.

Kedua, rawat motivasi. Cara merawat motivasi bisa dilakukan dengan merefleksikan langkah-langkah yang sudah dilakukan dan mengapresiasinya. Cara ini menunjukkan komitmen dan meningkatkan konsistensi. Lalu, jika dirasa langkahnya lama dan membosankan, ubah durasinya jadi lebih pendek. Misal jika nabung per bulan itu terlalu lama, ubah durasinya jadi nabung per minggu atau per hari.

Ketiga, kelola banyak tujuan. Ketika ada konflik atas dua (atau lebih) tujuan, prioritaskanlah salah satunya atau ambil jalan tengah. Jika sudah, kontrol diri kita jika sulit berkomitmen dan konsisten. Untuk bisa mengontrol diri, kita harus tahu dulu konflik apa yang sedang dihadapi. Misalkan kalau sulit konsisten menabung karena banyak jajan, maka kontrol keinginan jajan itu dan bersabarlah.

Keempat, buat lingkaran sosial untuk mendukungmu. Ceritakan tujuanmu dan langkah-langkah yang kamu buat kepada teman atau keluarga. Ketika kamu kehilangan motivasi, teman-teman dan keluargamu bisa hadir untuk mendukungmu mencapai tujuan. Pencapaian tujuan juga bisa dengan membuat tujuan berkelompok. Contohnya, pergi ke Bali bersama keluarga.

Penentuan tujuan kelompok ini membantu semua anggota keluarga untuk saling memotivasi agar semuanya bergerak bersama dalam mencapai tujuan. Langkah yang dilakukan suami bisa meningkatkan motivasi dan menginspirasi istri untuk melakukan hal yang sama. Adanya dukungan dari sosial membuat kita tidak merasa berjuang sendiri dan lebih enjoy dalam mencapai tujuan.

Nah, gimana tipsnya kawan-kawan, cukup membantu? Semoga tips-tips yang Kutub sampaikan bisa bantu tingkatin motivasi diri kawan-kawan yaa. Terus semangat, jangan menyerah!!

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles