Senin, September 26, 2022

Titicara; Melihat Lebih Dekat Perempuan Perupa

spot_img

Kutub.id Pekan lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tur pameran di galeri Selasar Sunaryo Art Space (SSAS). Galeri seni yang terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100 Bandung, Jawa Barat 40198 ini memamerkan karya seni dengan tajuk Titicara.  Menurut Leaflet yang dibagikan Pameran Titicara di galeri Selasar merupakan keberlanjutan dari kegiatan yang sama yang diselenggarakan di ISA Art and Design, Jakarta Juni lalu serta menampilkan 17 karya dari perupa perempuan yang berasal dari Indonesia, Jepang, Filipina, Australia dan Singapura yang dipilih oleh Syagini Ratna Wulan.

Kata Titicara sendiri dipakai untuk mewakili isi dari seni yang dipamerkan yang mana diartikan sebagai bagaimana para perupa perempuan menggunakan media, teknik, material dan pemahaman dalam menyajikan karya. Hal tersebut pun disampaikan Heru Hikayat saat penjelasan tur pameran ini, ia memaparkan bahwa pameran Titicara ini mementingkan kemampuan teknik dan pemahaman seniman pada sifat material.

Sumber Gambar: Salah satu Karya Sekarputri Sidhawati (Hasil potre pribadi)

Para seniman dalam pameran ini yakni  Ay Tjoe Christine, Chairin Hayati Joedawinata, Corinne de San Jose dari Filipina, Dawn Ng dan Donna Ong dari Singapura. Lalu Erna Garnasih Pirous, Etza Meisyara, Maharani Mancanagara, dan Leyla Stevens dari Australia.

Karya-karya perempuan hebat ini tersebar di empat ruangan galeri SSAS dan di amphitheatre. Galeri Atas misalnya, khusus memajang karya dua seniman perempuan senior, yaitu Chairin Hayati Joedawinata dan Erna Garnasih Pirous. Sementara di Galeri Bawah, menyajikan kekaryaan 14 seniman yang menggambarkan alam, benda, permainan pola dan warna hingga barang jadi.

Sumber Gambar: Hasil Karya Etza Meisyara (Hasil potret pribadi)

Selanjutnya di Ruang Sayap, menampilkan karya dari lima seniman, terdiri atas medium keramik, media campur, gambar dan kaca. Di ruangan itu ada karya Sekar Puti, yang membuat aneka keramik dengan kilau emas. 

Sumber Gambar: Karya keramik buatan Sekar Puti (Hasil Potret Pribadi)

Mendapat kesempatan untuk tur adalah sebuah keberuntungan, bisa melihat lebih dekat, mendengar penjelasan lebih jelas merupakan pengalaman yang tak bisa dilupakan. Pun dari tur ini kembali terkagum-kagum akan kemampuan perempuan ketika melakukan kegiatan berkarya. 

Bagi Sobat tangguh yang juga ingin menikmati pameran seni Titicara ini bisa langsung datang ke galeri Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) mulai dari pukul 10.00-16.00 WIB setap hari Selasa-Minggu dengan membayar tiket sebasar Rp. 25.000, pameran ini akan berakhir pada tanggal 30 September 2022.

Penulis: Siti Fatonah

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles