Jumat, Oktober 7, 2022

Unsur-unsur Tauhid Penguat Iman Kepada Allah SWT

spot_img

Perlu kamu ketahui bahwasanya sifat wajib bagi Allah SWT berjumlah 20 sifat. Mungkin, di kalangan Sekolah Dasar (SD) sudah sangat hafal dengan sifat Allah tersebut. Namun, jika kita menggali lebih dalam, sifat-sifat Allah terdapat banyak unsur-unsur tauhid yang dapat menguatkan iman kita kepada Allah.

Kita telusuri lebih dalam dari beberapa sifat Allah, yakni sifat Wujud yang berarti Ada. Allah maha ada walau kita berada di mana pun, kapan pun, dalam di situasi apa pun baik malam, siang, dan sore hari.

لم يلد ولم يولد
Artinya: “Tidak melahirkan dan tidak dilahirkan.”

Allah sudah ada lebih dulu dari adanya kata ada. Jangankan kata ada, kata tidak ada pun Allah sudah ada.

Berbeda dengan yang ada di alam semesta ini, bisa kita ambil contoh, bahwa buku ada terbuat dari kertas. Kertas ada terbuat dari kayu, kayu ada terbuat dari pohon, pohon ada karena di tanam oleh manusia, dan manusia ada karena Allah azza wa jalla yang Maha Ada.

Kita berpedoman pada Surat al-Ikhlas, di sana di tafsirkan dengan jelas, bahwa Allah itu ada dan tidak bergantung pada siapa pun, serta tidak pula dilahirkan maupun melahirkan. Jika di antara kita berpikiran dari mana asal Allah berada, jelas itu setan yang membuat kita ragu akan keberadaan Allah. Maka dari itu, banyak filosofis yang Atheis terhadap mereka agar percaya akan adanya tuhan. Namun, mereka tidak menganut agama apa pun.

Jika pendapat dari Mu’tazilah dijelaskan :

سبب مالا سبب له
Artinya: “Penyebab yang tidak ada penyebabnya.”

Wallahu a’lam Bisshawab.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles