Selasa, Oktober 4, 2022

Yet To Come: Makna Kesuksesan,  Pesan tentang Mimpi dan Rencana Karir BTS

spot_img

Kutub.id- Bangtan Sonyeondan (BTS) melakukan comeback dengan  merilis album antologi bertajuk Proof pada Jumat (10/06). Dalam album ini, single Yet To Come menjadi lagu andalannya dari 48 track pilihan. Saat hari pertama perilisan album, semua lagu baru dari album Proof ini menduduki Glob Top 200 harian di Spotify. Bahkan lagu Yet To Come sendiri pun memenangkan penghargaan di acara Music Bank KBS.

Melansir dari Popsugar, makna lagu BTS “Yet To Come”, yaitu merefleksikan perjalanan karir mereka selama sembilan tahun berkarya di industri musik. Oleh karena itu, dalam album “Proof” terdapat pula lagu yang pernah diproduksi pada 2013 hingga 2021. Misalnya lagu “No More Dream”,”Butter” dan lain sebagainya.

Sumber Gambar: twitter @bts_bighit

Maka dalam Music Videonya (MV) sendiri menampilkan scen nostalgia tersendiri bagi para ARMY (sebutan penggemar BTS) lantaran konsep kilas balik yang membawa para penggemar BTS kembali ke masa lalu. Dengan berima pop dan hip hop lagu yang ditulis juga oleh RM, J-Hope dan Suga ini mengandung makna yang menggugah para pendengarnya.

Tema yang diangkatnya pun tentang impian dan harapan yang lebih penting ketimbang sebuah kesuksesan dalam berkarir. Bahkan dalam perayaan 9 tahun berkarir, Kim Namjoon atau RM BTS menyebutkan bahwa apa yang ingin dia sampaikan pada para penggemar dituangkan semuanya dalam lirik lagu Let To Come.

Makna Tersirat

Dalam lirik lagu Yet To Come para anggota BTS; RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jimin dan Jungkook. Menanyakan arti terbaik itu sebenarnya seperti apa?. Hal ini lantaran mereka selalu disebut “Yang terbaik” oleh para ARMY. Label tersebut membebani para anggota karena orang-orang memiliki ekspektasi yang tinggi pada BoyBand asuhan agensi BigHit Music ini. 

Lagu Yet To Come juga bermakna ucapan terimakasih BTS kepada para penggemarnya yang dengan penuh semangat dan setia mendukung mereka selama ini. Mereka mengakhiri lagu dengan penuh harapan dan menjanjikan kepada ARMY bahwa hal yang terbaik belum datang. 

Selain lirik lagunya yang sarat akan makna, Video Musik Yet To Come pun menyimpan makna yang begitu dalam bagi para member dan kabarnya hanya bisa dipahami oleh para ARMY. Video Musik yang ditayangkan menghadirkan lokasi dan properti yang dibuat persis seperti karya-karya terdahulu mereka. Hal tersebut seakan seperti penghormatan dan momen kilas balik terhadap perjuangan mereka selama ini yang tidak mudah.

Dalam video ada scene seperti taman bermain dan itu dari lagu Spring Day, Kontainer dari lagu RUN, patung dari lagu Blood, Sweat, and Tears, bus sekolah dari lagu No More Dream  maupun kursi yang ada di video musik Just One Day. 

Sumber Gambar: Instagram bts.bighitofficial

Cara pengambilan gambar, kostum dan koreografi nya pun dibuat sama persis dengan karya-karya mereka terdahulu. Satu hal yang terlihat kentara dan membuat para ARMY bernostalgia saat awal debut, yakni saat ketujuh anggota duduk di dalam bus sekolah dan melakukan koreografi seperti dalam video musik Spring Day. 

Hal ini lah yang membuat lagu Yet To Come disebut sebagai kenangan bersama antara anggota BTS akan Army. Bahkan karena Album Proof berisi lagu-lagu terbaik  pilihan BTS, Min Yoongi (Suga) menyebutkan bahwa album ini bisa juga disebut sebagai panduan untuk para penggemar baru mereka.

Penggalan lirik penuh makna

Setelah mendengarkan berulang-ulang dan membaca terjemahannya, saya merasa bahwa lagu ini merupakan perasaan jujur para anggota BTS dan mereka mengungkapkannya dengan tulus.

Pada penggalan lirik eojedul soge cham areumdapge. Yah the past honesty the best. But my best is erat come next. I’m not playin’, nah for sure. Jika diartikan kurang lebih “Hari-hari kami yang lalu sangat indah. Sejujurnya masa-masa itu yang terbaik. Tapi yang terbaik dariku baru akan datang. Aku tidak main-main. Ini sungguhan. Janji bahwa kamu akan kembali dengan sesuatu yang lebih,” 

Pada penggalan lirik ini, sepertinya para anggota BTS ingin memberikan pesan tersirat pada para ARMY, bahwa perjalanan mereka selama ini begitu menakjubkan dan mereka akan kembali dengan versi yang baru dan lebih baik lagi. Seperti yang sudah disampaikan oleh para anggota BTS pada saat makan malam perayaan BTSFESTA 2022 yang ditayangkan di YouTube BANGTAN TV, bahwa mereka akan memulai chapter ke-2 debut dengan penampilan solonya. 

Barulah pada lirik setelahnya, BTS menyiratkan bahwa segala penghargaan, pujian sampai kesuksesan bukanlah hal yang mudah diraih. Mereka meraihnya dengan sedikit lebih berlari dengan yang lainnya. 

Baca Juga Lirik Lagu Yet To Come

Pada lirik selanjutnya yang dibawakan Suga dan RM yakni Eonjengabuteo but-eun bulpyeonhan susig-eo, Choegoran mal-eun ajikkkaji natganjireowo, Nan nan mal-ya gyang eum-ag-i joh-eun geol. Yang kurang lebih artinya “Kata sifat tidak nyaman yang telah melekat sejak beberapa waktu. Kata “terbaik” masih asing bagiku. Saya adalah saya, saya hanya suka musik.

Saya jadi teringat kata-kata RM BTS saat perayaan makan malam BTSFESTA 2022. Leader BTS ini menyebutkan, bahwa ia ingin menjadi dirinya sendiri dan ia pun bersama anggota lainnya merasa masih harus belajar seta mengisi hal-hal terbaik untuk diri mereka. Segala penghargaan yang mereka dapatkan pun bukan akhir dari segalanya.

Album Proof
Sumber Gambar: Instagram bts.bighitofficial

Akan tetapi, para anggota BTS ingin bermimpi serta melangkah lebih jauh. Seperti dalam lirik (We ain’t about it) Dream & hope & goin’ forward. (We so about it) gingin woneul dora gyeolguk tto jejari back to one. Yang artinya (Kami bukan tentang itu), bermimpi & berharap & maju. Saya memutar lingkaran panjang dan akhirnya saya kembali ke tempat yang sama lagi. kembali ke satu.

Wah dalam sekali yah Sahabat Tangguh maknanya!. Jika diantara Sahabat Tangguh ada yang menjadi ARMY juga, mari kita dukung dan nantikan penampilan solo mereka!.

Oh iya, Sahabat tangguh bisa dengarkan lagu ini secara digital di platform kesayangan kalian.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles